Minggu, 28 Desember 2014

SEJARAH KELINCI fUZZY LOP

SEJARAH KELINCI FUZZY LOP


Kelinci yang telinganya turun ke bawah adalah kelinci hias yang bikin aku suka terhadap kelinci hias, dulunya seneng pelihara kelinci yang berbadan besar seperti Flamish Giant. Emang melihara kelinci sangat mengasikkan dulu saat pertama memelihara kelinci saat umur 6 tahun kira-kira tahun 1989 gitu deh.................... he he

Pertamanya bokap yang suka peliharaan dari mulai burung, ikan, ayam dan lanjut ke kelinci dari mulai beli 2 ekor trus aku pelihara sampai banyak.

Trus awal mula suka kelinci hias pas tahun 2002 waktu kuliah di UPI sering lewat lembang liat pedagang kelinci yang berjejer liat2 jatuh cinta deh sama kelinci sikuping panjang yang nama Fuzzy Loop pertama beli sepasang trus jadi besar beranak 7 ekor tapi ada juga sih yang mati sampai sekarang masih ada turunannya kaya yang ada di atas he he ................

Tapi ga afdol ya pelihara kelinci tanpa tau sejarahnya dari mulai liat-liat buku-buku tentang kelinci trus liat artikel di internet dapat deh cerita sejarahnya tentang kelinci sikuping panjang..............................................................................

Sejarah tentang Lop

Sesuai dengan judul di atas, Kelinci Lop memiliki ciri2 telinga jatuh / ke menggantung. Sekilas tampak seperti kambing namun tampak seperti koala saat menggendongnya. Ciri2 lain dari kelinci ini adalah memiliki tubuh yang kompak dan padat. Ada beberapa jenis kelinci Lop yang di akui oleh berbagai asosiasi / organisasi di dunia.

English Lop, di akui sebagai nenek moyang semua jenis lop yang ada. Mengapa? Karena salah satu naskah kuno Hierogliph Mesir ditemukan gambar kelinci ini?. coba bayangkan sudah berapa lama kelinci ini ada?.

Sebenarnya English lop adalah kelinci lokal dari daratan Afrika, tepatnya dari Aljazair. English Lop sendiri adalah nama yang diberikan oleh Inggris, setelah mereka mengembangkan jenis ini dan mengikut sertakannya dalam kontes. Ciri2 jenis kelinci ini adalah telinga yang sangat panjang (di dunia telah mencatat 31.125 inci) dan tipis. berat jenis 4 – 4,5 kg atau lebih
French Lop, pertama kalinya jenis ini dikenal diperancis sekitar 1850 dan hasil dari persilangan English Lop dan Giant Normande. Memiliki karakteristik bentuk badan yang kuat, kepala bagian atas kotak dengan tebal telinga. Umur hidupnya antara 5 -7 tahun. Berat jenis ini 4,5 – 6 kg.
Holland lop. ini adalah kelinci dari Belanda, berasal pada tahun 1951 dari seorang peternak bernama Adrian De Cock, adalah suatu persilangan barel English Lop, French Lop dan Netherland Dwarf. Pada tahun 1964 ini jenis kelinci mendapatkan pengakuan dari badan-badan standardisasi di Belanda. selanjutnya diperbaiki lagi pada tahun 1970 utk bobot badannya, ciri2 kelinci ini memiliki kepala bulat, Wajah pesek, tubuh yang Padat dan telinga yang pendek, Standar berat 1,5 kg.
Mini lop, juga dikenal dengan nama Jerman Lop. Sejarah kelinci ini masih menjadi perdebatan, tetapi yang mungkin lebih dapat dipercaya kelinci ini merupakan persilangan dari French lop, Holland lop, dan chincilla. Dikembangkan di Jerman pada tahun 1972. Ciri2nya adalah wajah bulat dan lebar, telinga lebar, tubuh kompak. Hidup dapat mencapai umur 12 tahun. Standard berat 2,7 kg.
American fuzzy lop, silangan dari Holand Lop dengan Perancis ANGGORA. Dikembangkan di Amerika Serikat dan pertama kali diperkenalkan di ARBA konvensi pada tahun 1985. ARBA memberikan pengakuan dari ras baru pada tahun 1988. Ciri2 kelinci ini adalah wajah yang lebar, bulu Woll yang lebat di tubuh, telinga pendek dan menggantung. Standard berat 1,5 kg.

sumber://fuziloop.wordpress.com

Kamis, 25 Desember 2014

KELINCI REX




Add caption








SEJARAH KELINCI REX

Berdasarkan catatan, kelinci rex pertama kali ditemukan pada tahun 1919 di sebuah desa kecil di Perancis bernama Coulonge. Kelinci ini bukanlah hasil persilangan (seperti beberapa jenis kelinci lain yang kita kenal sekarang). Kelinci rex (saat itu belum mempunyai nama) ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani di peternakan sapi miliknya. Dia sengaja memelihara beberapa ekor kelinci untuk membersihkan sisa-sisa pakan sapi, dan dibiarkan bebas di bawah kandang.

Pada salah satu sarang kelinci yang sedang beranak, sang petani ini menemukan seekor anak kelinci yang unik. Anak kelinci tersebut mempunyai bulu yang sangat pendek walaupun sudah berumur 3 minggu, sangat berbeda dari saudara-saudaranya. Hasil temuan ini lalu dikabarkan kepada seorang pendeta di desa tersebut yang bernama Gillet. Gillet tertarik dengan kelinci tersebut dan mengambilnya. Sang pendeta juga berpesan jika ada lagi anak kelinci yang seperti itu untuk diserahkan kepadanya.

Beberapa waktu kemudian, di sarang yang lain, ditemukan lagi seekor anak kelinci yang mempunyai bulu unik yang sama. Selanjutnya, tidak ditemukan lagi anakan kelinci yang mempunyai bulu pendek seperti itu. Dari sepasang anak kelinci inilah pendeta Gillet kemudian mencoba untuk mengembangbiakan kelinci tersebut, kebetulan jenis kelamin dari 2 anak kelinci tersebut adalah jantan dan betina.

Selanjutnya pada tahun 1924, pendeta Gillet membawa 5 ekor kelinci unik yang telah berhasil dia kembangkan tersebut pada sebuah Pameran Internasional di Paris. Saat itu dia adalah satu-satunya orang di dunia yang mempunyai jenis kelinci dengan bulu unik tersebut. Nama "Rex" juga tercetus saat itu. Rex dalam bahasa latin mempunyai arti "Raja".
Setelah pameran di Paris, kelinci rex menjadi sangat terkenal dan diburu oleh para peternak-peternak besar di Eropa. Walaupun tidak secara besar-besaran, kelinci rex mulai menyebar di beberapa negara di Eropa. Saat itu, warna dominan untuk kelinci rex ini adalah warna Castor. Ini wajar karena kelinci-kelinci rex yang dimiliki oleh pendeta Gillet memang dikembangkan dari sepasang kelinci, dan pendeta Gillet juga bukan seorang yang ahli di bidang genetika.

Orang pertama yang memperkenalkan kelinci rex dengan warna yang beragam adalah seorang profesor dari Jerman yang bernama Kohler dari Universitas Straatsburg. Sang profesor berhasil mengembangkan kelinci rex dengan warna Chinchilla, Lynx, Coklat, dan Putih. Pengembangan lebih lanjut dilakukan oleh peternak di Inggris dan Belanda.

sumber:http//http://kelincirexinfo.blogspot.com

SEJARAH AYAM PELUNG

Sejarah Ayam Pelung


Sejarah
AYAM pelung merupakan ayam lokal yang memiliki suara kokok merdu, selain ayam bekisar dan ayam kokok balenggek. Suara kokoknya sangat khas, mengalun panjang, besar, dan mendayu-dayu. Durasi kokok ayam pelung cukup panjang, dapat mencapai waktu 10 detik bahkan lebih. Itulah sebabnya ayam pelung dapat dikelompokkan dalam ayam berkokok panjang (long crow fowl)

Bangsa ayam berkokok panjang lainnya adalah ayam toutenko, toumaru, dan koeyoshi. Ketiga bangsa ayam tersebut merupakan ayam asli Jepang yang memiliki durasi kokok sampai 15 detik. Ayam pelung yang memiliki kualitas suara baik dan berhasil memenangkan kontes biasanya memiliki nilai jual yang tinggi dan dapat mencapai harga hingga jutaan rupiah.
Domestikasi ayam pelung Ayam pelung merupakan ayam lokal yang pada mulanya berkembang di daerah Cianjur.Dengan semakin bertambahnya penggemar ayam pelung maka penyebarannya pun semakin meluas ke berbagai daerah sekitar Bandung, Bogor, Sukabumi, dan daerah lainnya. Kontes ayam pelung juga semakin marak diadakan, baik institusi pemerintah maupun inisiatif perhimpunan penggemar ayam pelung. Hingga kini belum ditemukan laporan ilmiah yang menjelaskan bagaimana terjadinya domestikasi ayam pelung. Namun paling tidak, ada satu versi pendapat mengenai asal-usul ayam pelung yang paling dapat dipercaya, ini merupakan cerita rakyat yang berkembang di kalangan peternak daerah sentra. Ayam pelung diperkirakan mulai dipelihara sekira tahun 1850-an oleh seorang kiai di Desa Bunikasih, Kecamatan Warung Kondang, Cianjur. Kiai tersebut bernama Kiai H. Djarkasih. Pada suatu malam, beliau bermimpi bertemu dengan Eyang Suryakencana. Di dalam mimpinya ia disuruh mengambil seekor anak ayam jantan di suatu tempat. Esok harinya ia mendatangi tempat yang disebutkan di dalam mimpi tersebut. Betapa terkejutnya ketika ia menemukan seekor anak ayam jantan yang besar dari yang lainnya dan memiliki bulu tubuh jarang (turundul). Setelah dewasa ayam tersebut dikawinkan dengan ayam kampung betina dan menghasilkan keturunan, seperti ayam pelung sekarang. Jadi, pemulia pertama adalah Kiai H. Djarkasih (Mama' Acih). Ia memulai penangkaran sejak tahun 1850 dengan mengambil/ memilih bibit seekor ayam jantan muda yang diamatinya lebih besar dan tinggi dari yan lainnya. Penangkaran pertama kali dilakukannya dengan mengawinsilangkan dengan ayam betina biasa. Sifat produksi. Ayam pelung memiliki bobot badan lebih besar dari ayam kampung, ayam bekisar dan ayam kokok balenggek. Bobot badan ayam pelung jantan dewasa dapat mencapai 5-6 kg, sedangkan ayam betina 3-4 kg. Ayam pelung memiliki postur tubuh tinggi besar, memiliki leher panjang dan kaki yang kokoh. Suara kokok hanya terdapat pada ayam pelung jantan, karena kokok merupakan sifat kelamin sekunder pada ayam jantan dan sangat dipengaruhi oleh hormon testosteron. Meskipun tidak memiliki pola warna bulu yang khas sebagai penciri suatu bangsa pada ayam, namun warna campuran merah dan hitam merupakan warna yang paling dominan pada ayam pelung. Cakarnya panjang dan besar, warnanya bervariasi dari hitam, kuning, atau putih kekuning-kuningan. Jengger pada umunnya berbentuk tunggal (single comb), berdiri tegak dan bergerigi seperti gergaji.
Ada penelitian Ayam Pelung lebih dekat kekerabatannya dengan Gallus Varius (ayam hutan hijau), yang dilihat dari jumlah kromosomnya ayam pelung mempunyai 9 kesamaan dengan Gallus Varius (ayam hutan hijau).
Ayam hutan adalah nama umum bagi jenis-jenis ayam liar yang hidup di hutan. Dalam bahasa Jawa disebut dengan nama ayam alas, dalam bahasa Madura ajem alas, dan dalam bahasa Inggris junglefowl; semuanya merujuk pada tempat hidupnya dan sifatnya yang liar. Saat ini terdapat 4 spesies ayam hutan yang semuanya hanya tersebar di Asia. Keempat jenis ayam hutan tersebut adalah:
Ayam hutan merah/Red Junglefowl (Gallus gallus, Linnaeus, 1758)
Ayam hutan abu-abu/Grey Junglefowl (Gallus sonneratii Temminck, 1813)
Ayam hutan Srilangka/Ceylon Junglefowl (Gallus lafayetii, Lesson 1831)
Ayam hutan hijau/Green Junglefowl (Gallus varius Shaw, 1798)

Setelah manusia berperan didalam mempengaruhi perkembangan jenis ayam maka perbedaan antar jenis ini lebih menonjol lagi sehingga secara umum dewasa ini timbul istilah-istilah seperti :

 Kelas ayam§
 Bangsa ayam§
 Varitas ayam§
 Strain ayam§

Kelas ayam adalah istilah yang dipergunakan untuk membedakan asal atau pembentukan ayam seperti ; Kelas laut tengah, Amerika dan lain-lain.

Bangsa ayam adalah istilah yang dipakai untuk membedakan sekelompok ayam dalam suatu kelas yang mempunyai sifat-sifat kebakaan tertentu dan khas seperti bentuk badan dan sebagainya.

Varitas ayam adalah istilah yang dipakai untuk membedakan sekolompok ayam dalam satu bangsa yang mempunyai sifat-sifat yang mempunyai keturunan tertentu seperti warna bulu, jengger dan sebagainya.

Strain ayam adalah hasil karya seorang breeder dan biasanya sudah mempunyai fungsi yang khas dan selalu membawa nama perdagangannya (trade merk) dengan nomor kode seperti strain kimber 137Tatum T-173 dan lian-lainnya.

Klasifikasi Ayam Ras
Ada 2 cara untuk membuat klasifikasi ayam ras :

1) Berdasarkan penggunaan atau tujuan pemeliharaan atau nilai ekonomis yang disebut Klasifikasi ekonomi

2) Berdasarkan tempat asal ayam yang disebut Klasifikasi Standard

Klasifikasi ekonomi
Klasifikasi ekonomi yang lebih umum disebut type ayam terdiri dari :
a. Kelas petelur
    Jenis ayam yang efesien untuk menghasilkan telur

b. Kelas pedaging
    Jenis ayam yang efesien untuk menghasilkan daging

c. Kelas dwiguna
    Jenis ayam yang efesien untuk menghasilkan telur dan daging

d. Kelas Fancy
    Jenis ayam untuk perhiasan, hiburan atau rekreasi


Klasifikasi standard
Klasifikasi standard ayam ini sebanyak 12 kelas dan kelas-kelas yang penting diantaranya adalah :
Kelas amerika
Tujuan produksi telur, daging atau dua-duanya

Kelas Asia
Tujuan produksi daging

Kelas inggris
Tujuan daging dan telur atau dwiguna kecuali ayam cornish jenis pedaging

Kelas laut atau mediterrania
Tujuan produksi telur

Kelas polandia, hamburg, perancis dan continental
Dengan tujuan dwiguna dan yang lainnya sebagai fancy.


Ayam-ayam hutan ini (4 jenis) tabt diatas dari segi bentuk tubuh dan perilaku sangat serupa dengan ayam-ayam peliharaan, karena memang merupakan leluhur dari ayam peliharaan. Jantan dengan betina berbeda bentuk tubuh, warna dan ukurannya (dimorfisme seksual, sexual dimorphism). Ayam hutan jantan memiliki bulu yang berwarna-warni dan indah, berbeda dengan ayam betina.
Sementara ada penelitian yang menyebutkan bahwa perihal kokokan diwariskan secara kultural melalui proses meniru, seperti yang ditemui pada burung pipit.
Bahkan penelitian untuk mengetahui cara burung pipit bernyanyi telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana ia belajar bernyanyi, dan bagaimana pola pewarisan sifat suara merdu dari orang tua kepada anaknya. Adalah Grant dan Grant (1997) yang melaporkan, sifat nyanyian (song) pada burung tidak diwariskan secara genetik, namun lebih ditentukan proses berlatih (song learning) pada umur muda. Hal ini kemudian diperkuat Marler dan Doupe (2000) yang menyatakan, sifat nyanyian pada burung merupakan perilaku berlatih yang diwariskan secara kultural (culturally inherited traits). Studi pada burung pipit (Finch darwin) juga menunjukkan, sifat nyanyian merupakan sifat yang diwariskan secara kultural melalui proses meniru (imprinting). Berdasarkan fenemona tersebut, menduga kemampuan sifat berkokok pada ayam penyanyi, seperti ayam pelung, juga diwariskan secara kultural (Rusfidra, 2004). Menurut Solis et al. (2000) masa berlatih terjadi dalam dua fase, yaitu fase sensory dan fase sensorimotor. Selama fase sensory, awal ayam pelung jantan muda milik Mama Acih ini meniru tutor, dalam hal ini mama acih yang sering bersenandung/ nembang dengan nada sengau /Ung dan kadang cengkok/bitu. Dan secara terus-meneus Ayam pelung tersebut akan merekam suara tutornya. Setelah dewasa ia mulai belajar bernyanyi dengan meniru suara tutor yang sudah terekam di otaknya. Pada fase sensory, organ yang mengatur produksi suara yang disebut song control region (SCR) mengalami perkembangan yang pesat. Fase sensorimotor terjadi setelah Ayam Pelung mengalami dewasa kelamin. Saat inilah ia mulai bernyanyi dan berlatih terus-menurus hingga ia menjadi Ayam penyanyi yang mahir. Didukung oleh teory genetika bahwa “gen itu tidak bersifat kekal, gen akan mengalami perubahan secara pelan atau cepat (adaptasi). Akan terseleksi oleh ; alam/iklim, lingkungan, tanah, pakan, penyakit, dan cara pemeliharaan”, dimana kelompok galur murni ini dahulu secara tdk sengaja terbentuk melakukan pelestarian melalui perkawinan tertutup (inbreeding) kandang sendiri demi sehingga ketersediaan gen reverse dngn tingkat homosigositas yg tinggi, yang memungkinkan juga terbentuknya final strain genetics yang fixed yaitu “Ayam Pelung”.
Pemuliaan
Ayam Pelung sebagai plasma nutfah khas Jawa Barat yang sudah berkembang dan tersebar di dalam dan di luar negeri harus memperoleh perlindungan hukum yang kongkrit. Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) Jawa Barat yang berpusat di Kota Cianjur pada Maret 2004 resmi memperoleh penetapan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk merek “Ayam Pelung HIPPAPI)” serta HAKI untuk hak cipta yang dilindungi secara syah oleh peraturan perundang-undangan dari Depkeh dan HAM, Hak Cipta berjudul “Panduan Standarisasi dan Pengembangan Ayam Pelung” (Gallus Domesticus Var Pelung).
Hak Cipta itu merupakan acuan atau pandangan syah dan mempunyai ketentuan hukum yang mengikat bagi seluruh anggota HIPPAPI, baik di dalam maupun di luar Jawa Barat, serta mengikat juga pihak lain yang menyelenggarakan kegiatan yang sama. Pembudidayaan, pemurnian dan penyelenggaraan kegiatan yang sama. Pembudidayaan, pemurniaan dan pengembangan ayam pelung oleh anggota HIPPAPI dan pihak lain harus mengacu pada Hak Cipta HIPPAPI yang telah memperoleh HAKI tersebut.
Ayam pelung tidak hanya tersebar di Indonesia saja, tapi juga di luar negeri, karena banyak orang asing yang membawanya ke negara masing-masing. Mengalirnya ayam pelung ke luar daerah asalnya, terutama di laur negeri, sementara peternak lokal sendiri rata-rata belum menternakannya secara mantap, dikhawatirkan ayam pelung di daerah asalnya akan terkuras.
Pemurnian ayam pelung dilakukan melalui pelestarian plasma nutfah, perlindungan hak, hak mengembangkan dan memurnikan, serta pengujian mutu. Pelestarian plasma nutfah mencakup pemurnian ras dan pengendalian pola pembibitan. Perlindungan hak meliputi hak pemurnian berada dipeternak lokal dengan mengikuti pola-pla yang sudah berjalan, penerapan teknologi budidaya harus berbasis industri peternakan, serta wujud perlindungan berupa pemberian sertifikasi dan label terhadap ayam pelung berdasarkan standarisasi performa dan label terhadap ayam pelung berdasarkan standar performa yang sudah ditetapkan dan hasil pengukuran fisik.
Yang dapat dikelompokan dan diakui sebagai ayam pelung adalah hasil pemurnian masyarakat peternak serta hasil budi daya pihak mana saja yang menggunakan bibit ayam pelung s/d keturunan ke tiga dengan disukung oleh test sperma, darah dan DNA. Sementara itu, perlindungan dalam pmurnian ras ayam pelung diwujudkan dengan pemberian nomor reggistrasi peternak, kode peternak, demplot, Label dan sertifikat. Seyogyanya semua pihak mendukung perlindungan dan pemurnian ayam pelung dengan kelestarian fauna sebagai kekayaan dunia yang tidak ternilai harganya. Sekarang sudah sulit menentukan ayam pelung asli.
Kontes ayam pelung. Kontes ayam pelung merupakan salah satu kegiatan untuk menumbuhkan motivasi peternak dan penggemar ayam pelung. Kontes yang seringkali diadakan Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) telah diadakan di beberapa kota di Jawa Barat.Aspek yang dinilai adalah penampilan suara kokok dan penampilan ayam pelung. Penilaian aspek suara kokok meliputi volume suara, durasi kokok (kebat), suara angkatan (kokok depan), suara tengah dan suara akhir (tungtung). Ayam pelung dikatakan memiliki suara angkatan baik bila volume suara awal besar, bersih dan panjang. Suara kokok tengah dikatakan baik bila suara tengah memiliki volume besar, bersih dan terjadi perubahan volume suara diantara suara awal dengan suara tengah, dan antara suara tengah dengan suara akhir. Perubahan volume suara itu disebut dengan istilah bitu. Suara akhir merupakan suku kata kokok akhir, sebaiknya memiliki volume besar, bersih dan lunyu. Aspek penampilan ayam dinilai berdasarkan keadaan tubuh bagian depan dan belakang. Unsur yang dinilai adalah bentuk dan warna jengger, bentuk dan keadaan mata, hidung, bentuk paruh, leher, tembolok dan paruh. Meskipun kriteria penilaian telah disepakati bersama dan pada setiap kontes selalu dinilai dewan juri yang berpengalaman dan berintegritas tinggi, namun menurut kami tetap saja ada faktor subjektivitas dikalangan juri. Hal ini disebabkan keterbatasan indera telinga dewan juri dalam melakukan penilaian, apalagi pada saat yang bersamaan juri harus menilai ayam peserta kontes yang mencapai puluhan sampai ratusan ekor.


Sumber:http//http://ayam-pelung-genotype.blogspot.com/2013/03/sejarah-ayam-pelung.html