Minggu, 28 Desember 2014

SEJARAH KELINCI fUZZY LOP

SEJARAH KELINCI FUZZY LOP


Kelinci yang telinganya turun ke bawah adalah kelinci hias yang bikin aku suka terhadap kelinci hias, dulunya seneng pelihara kelinci yang berbadan besar seperti Flamish Giant. Emang melihara kelinci sangat mengasikkan dulu saat pertama memelihara kelinci saat umur 6 tahun kira-kira tahun 1989 gitu deh.................... he he

Pertamanya bokap yang suka peliharaan dari mulai burung, ikan, ayam dan lanjut ke kelinci dari mulai beli 2 ekor trus aku pelihara sampai banyak.

Trus awal mula suka kelinci hias pas tahun 2002 waktu kuliah di UPI sering lewat lembang liat pedagang kelinci yang berjejer liat2 jatuh cinta deh sama kelinci sikuping panjang yang nama Fuzzy Loop pertama beli sepasang trus jadi besar beranak 7 ekor tapi ada juga sih yang mati sampai sekarang masih ada turunannya kaya yang ada di atas he he ................

Tapi ga afdol ya pelihara kelinci tanpa tau sejarahnya dari mulai liat-liat buku-buku tentang kelinci trus liat artikel di internet dapat deh cerita sejarahnya tentang kelinci sikuping panjang..............................................................................

Sejarah tentang Lop

Sesuai dengan judul di atas, Kelinci Lop memiliki ciri2 telinga jatuh / ke menggantung. Sekilas tampak seperti kambing namun tampak seperti koala saat menggendongnya. Ciri2 lain dari kelinci ini adalah memiliki tubuh yang kompak dan padat. Ada beberapa jenis kelinci Lop yang di akui oleh berbagai asosiasi / organisasi di dunia.

English Lop, di akui sebagai nenek moyang semua jenis lop yang ada. Mengapa? Karena salah satu naskah kuno Hierogliph Mesir ditemukan gambar kelinci ini?. coba bayangkan sudah berapa lama kelinci ini ada?.

Sebenarnya English lop adalah kelinci lokal dari daratan Afrika, tepatnya dari Aljazair. English Lop sendiri adalah nama yang diberikan oleh Inggris, setelah mereka mengembangkan jenis ini dan mengikut sertakannya dalam kontes. Ciri2 jenis kelinci ini adalah telinga yang sangat panjang (di dunia telah mencatat 31.125 inci) dan tipis. berat jenis 4 – 4,5 kg atau lebih
French Lop, pertama kalinya jenis ini dikenal diperancis sekitar 1850 dan hasil dari persilangan English Lop dan Giant Normande. Memiliki karakteristik bentuk badan yang kuat, kepala bagian atas kotak dengan tebal telinga. Umur hidupnya antara 5 -7 tahun. Berat jenis ini 4,5 – 6 kg.
Holland lop. ini adalah kelinci dari Belanda, berasal pada tahun 1951 dari seorang peternak bernama Adrian De Cock, adalah suatu persilangan barel English Lop, French Lop dan Netherland Dwarf. Pada tahun 1964 ini jenis kelinci mendapatkan pengakuan dari badan-badan standardisasi di Belanda. selanjutnya diperbaiki lagi pada tahun 1970 utk bobot badannya, ciri2 kelinci ini memiliki kepala bulat, Wajah pesek, tubuh yang Padat dan telinga yang pendek, Standar berat 1,5 kg.
Mini lop, juga dikenal dengan nama Jerman Lop. Sejarah kelinci ini masih menjadi perdebatan, tetapi yang mungkin lebih dapat dipercaya kelinci ini merupakan persilangan dari French lop, Holland lop, dan chincilla. Dikembangkan di Jerman pada tahun 1972. Ciri2nya adalah wajah bulat dan lebar, telinga lebar, tubuh kompak. Hidup dapat mencapai umur 12 tahun. Standard berat 2,7 kg.
American fuzzy lop, silangan dari Holand Lop dengan Perancis ANGGORA. Dikembangkan di Amerika Serikat dan pertama kali diperkenalkan di ARBA konvensi pada tahun 1985. ARBA memberikan pengakuan dari ras baru pada tahun 1988. Ciri2 kelinci ini adalah wajah yang lebar, bulu Woll yang lebat di tubuh, telinga pendek dan menggantung. Standard berat 1,5 kg.

sumber://fuziloop.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar